BUBMliDuJ8M4WXSjHxwzacQ3y3MXgzTn33owbOKI
Ketua KNPI Tebo Terpilih Adopsi Pohon di Kawasan Hutan SAD

Iklan 728x90

Free Download Blogger Template High CTR AdSense

Ketua KNPI Tebo Terpilih Adopsi Pohon di Kawasan Hutan SAD

FOTO: Ketua Umum DPD KNPI Tebo terpilih, Edi Hartono (kanan) foto bersama Ketua Umum DPD KNPI Provinsi Jambi, M. Iqbal Linus (kiri).
__________________________________________________

Orik.or.id | Ketua KNPI Tebo terpilih, Edi Hartono mengadopsi sebatang pohon di kawasan hutan Suku Anak Dalam (SAD) kelompok Temenggung Ngadap, tepatnya di Sungkai Lubuk Dalam, Desa Tanah Garo, Kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Tebo - Jambi. 

Tujuan adopsi pohon tersebut, untuk menjaga agar hutan di kawasan SAD tersebut tetap lestari dan terjaga. 

Batang pohon yang diadopsi adalah pohon Kerjanji berdiameter 52 Cm di kordinat 1.76616.102.65259," Iya, Ketua KNPI Tebo yang terpilih ikut menjaga lingkungan. Beliu mengadopsi sebatang pohon bernomor registrasi 008. Pohon tersebut diadopsi untuk dirawat, "kata Ketua Yayasan Orang Rimbo Kito (ORIK), Ahmad Firdaus, Kamis, 16 Januari 2020. 
Dijelaskan Firdaus, adopsi pohon merupakan program Yayasan ORIK untuk mejaga kawanan hutan SAD kelompok Temenggung Ngadap. Program tersebut kata dia, dinamakan 'Waris Pohon'. 

Lebih detail dijelaskan dia, setiap batang pohon di kawasan hutan Temenggung Ngadap akan di wariskan untuk dirawat. Yang mewariskan pohon tersebut adalah Temenggung Ngadap yang dikuasai kepada Yayasan ORIK. 

"Siapapun boleh menjadi Waris Pohon. Baik itu Ormas, intansi pemerintah, intansi swasta maupun individu. Dengan ikut menjadi Waris Pohon sama dengan menjaga lingkungan dan hutan, "kata Firdaus. 

Firdaus menegaskan yang mengikuti 'Waris Pohon' akan mendapatkan fasilitas papan informasi atau papan waris yang diletakan di pohon yang diwariskan. 

Papan informasi tersebut bertuliskan nama pohon, diameter pohon, titik kordinat, nomor registrasi dan larang jangan ditebang. "Yang mengadopsi juga akan diberikan piagam atau sertifikat dari Yayasan ORIK, "ujarnya. 

Saat ini, kata Firdaus, sudah puluhan pohon kayu yang telah diwariskan atau diadopsi. "Bupati Tebo, Kapolres Tebo, Dandim 0416/Bute, dan sejumlah OPD, Ormas, individu sudah menjadi Waris Pohon," pungkasnya.

Ketua KNPI Tebo terpilih, Edi Hartono membenarkan jika dirinya telah mengadopsi sebatang pohon di kawasan hutan Temenggung Ngadap," Ini bentuk kepedulian KNPI terhadap lingkungan khususnya menjaga dan melestarikan hutan,"kata dia. 

Agar lingkungan tetap terjaga, Edi mengajak generasi muda Tebo untuk ikut mengambil peranan sebagai 'Pewaris Pohon'. "Menjadi bagian dari pewaris pohon sama dengan kita menjaga pohon tetap lestari," katanya. [orik]
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar